Thursday, January 22, 2015

Online Shopping Diproyeksi Tumbuh Hingga 57%






Brand & Marketing Institute (BMI) Research memprediksi pasar belanja online di Indonesia akan tumbuh hingga 57 persen tahun ini. Nilai itu meningkat dua kali lipat lebih bila dibandingkan pertumbuhan pada tahun lalu.

BMI Research mencatat pada 2014 pengguna belanja online mencapai 24 persen dari total pengguna Internet di Indonesia. Pihaknya memprediksi pertumbuhan ini karena sejalan dengan target pengguna internet yang dicanangkan Kementerian Komunikasi dan Informatika mencapai 150 juta pengguna total penduduk Indonesia yang mencapai 255,5 juta jiwa.

"Riset tersebut kami lakukan di 10 kota besar di Indonesia terhadap 1.213 orang dengan usia antara 18-45 tahun melalui metode phone survey," ujar BMI Research Head Yoanita Shinta dalam acara Online Shoping Outlook 2015 di Jakarta, Kamis (22/1/2015).

Yoanita melanjutkan, dari sisi demografi yang paling berminat dengan belanja online sebagian besar yakni 53 persen adalah perempuan. Sisanya masyarakat campuran berusia muda antara 18-30 tahun. Kecenderungan itu terlihat dari produk favorit yang laku berupa fashion 41 persen dan kosmetik 40 persen.

Sementara untuk gadget dan elektronik masing-masing mencapai 11 persen. "Sebagian besar dari konsumen belanja online atau 8 dari 10 orang bertransaksi dengan menggunakan mobile device," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment