Sunday, February 7, 2016

4 Kriteria Produk yang Bisa Dijual Online








Melihat peluang bisnis online yang semakin menjanjikan saat ini, banyak orang mulai tertarik dan berduyun-duyun mendirikan online shopping yang menjual aneka rupa barang yang dibutuhkan banyak orang. Bisnis online shop pun kini telah menjelma menjadi bisnis yang menggiurkan bagi mereka yang jeli terhadap pasar yang luas mengingat pertumbuhan netizen semakin hari semakin naik jumlahnya. 

Untuk mendirikan bisnis online shop sebagai usaha sampingan tidaklah terlalu sulit. Bagi Anda yang punya modal besar atau di rumah sudah mempunyai UKM yang membuat produk kerajinan, bisa langsung menjual secara online. Tapi bagi Anda yang tidak punya modal besar, bisa mencoba bisnis dropship sebagai langkah awal untuk memulai bisnis jualan online.

Pertanyaan yang sering muncul adalah produk apa saja yang bisa dijual online? tentu beragam produk bisa kita jual, namun ada beberapa kriteria lebih spesifik jika kita ingin menjual produk secara online kemudian barang tersebut dikirimkan via kurir ekspedisi.

Berikut kriterianya :

1. Produk tersebut banyak dicari konsumen

Ada penjualan lantaran ada pembelian, ya ketika kita menjual barang baik itu nyata atau digital tentulah kita harus mengetahui adakah permintaan untuk produk yang kita jual? seringkali kita beranggapan bahwa produk saya ini bagus tapi kenapa tidak ada yang membeli? mungkin bukan masalah pada produknya, melainkan apakah produk tersebut dibutuhkan? produk yang banyak dicari orang biasanya berupa kebutuhan pokok seperti pakaian dan makanan.

2. Mempunyai keuntungan minimal 25% lebih

Ada yang beranggapan bahwa setiap produk yang dijual secara online minimal harus mempunyai keuntungan 50.000 rupiah. Sah-sah saja anggapan seperti ini, namun angka 50.000 bisa berarti sangat kecil apabila nilai jual kita melebihi dari 300.000 rupiah. Harga 300.000 rupiah dikenakan kepada pembeli, kita mendapat untung 50.000 berarti kita mendapat 1/6 atau sekitar 17% profit keuntungan. Bandingkan dengan kita menjual produk seharga 30.000 namun kita mendapat keuntungan 15.000 berarti persentase keuntungan 100%.

Tentunya dengan menggunakan persentase, keuntungan kita bisa lebih berkualitas daripada mengejar keuntungan kuantitas. Apalagi untuk dropshipper, lebih baik memilih keuntungan berdasar pada persentase daripada keuntungan dipukul rata harus sekian rupiah. Padahal, produk yang kita jual beragam, sangat tidak masuk akal jika harus mendapatkan keuntungan 50.000 rupiah.

3. Mudah untuk dikirimkan

Produk yang bisa dijual secara online harus memenuhi kriteria mudah untuk dikirimkan melalui kurir. Produk yang bisa dikirm secara kurir memiliki spesifikasi ringan, bentuk padat, mudah dibawa. Misalnya anda menjual pasir secara online, tentu sangat sulit untuk dikirimkan ke luar kota. Begitu pula menjual perkakas pertukangan seperti paku, palu dan lain-lain, benda-benda tersebut tidak bisa dikirimkan karena terlalu berat. Ongkos kirim yang dikenakan ke pembeli akan jauh lebih besar daripada harga barang itu sendiri.

4. Sesuaikan dengan pasar 

Misalnya di dunia nyata anda berjualan sepeda, belum tentu anda bisa sukses di online dengan berjualan sepeda juga. Melainkan bisa berupa pakaian atau aksesoris handphone misalnya. Begitu juga sebaliknya, di dunia nyata berjualan pakaian belum tentu di dunia maya bisa sukses berjualan pakaian. Nantinya anda akan menemukan pasar sendiri yang sekiranya cocok untuk dijadikan lahan meraup keuntungan dari bisnis online shop.

No comments:

Post a Comment