Sunday, February 7, 2016

Untung Rugi Berjualan Online Lewat BBM





Berbagai cara dilakukan oleh penjual online untuk mendapatkan pembeli setiap hari, ada yang memposting produknya dipuluhan bahkan ratusan grup jual beli di facebook, mengiklankan produk terbaiknya di situs jual beli listing, membuat lapak di forum jual beli, membuat toko online atau bisa juga dengan beriklan secara berbayar melalui facebook atau google adwords, cara lama dengan melalui bbm yaitu memasang status setiap hari setiap menit; kirim siaran pesan atau biasa disebut broadcast; ganti gambar profil setiap saat dengan produk kita.

Cara semua itu dilakukan hanyalah untuk mendapatkan pembeli sebanyak-banyaknya dengan beragam cara. Tentunya, tidak semua cara diatas itu menguntungkan, ada juga yang merugikan. Salah satu cara berjualan yang mempunyai dua sisi (untung dan rugi) yaitu dengan berjualan via BBM, ayo siapa yang menggunakan platform bbm untuk meraup penjualan maksimal? memang ciptaan manusia itu tidak ada yang sempurna, ada baiknya ada buruknya. Lantas, apa saja keuntungan dan kerugian menggunakan bbm untuk jualan online? Berikut penjabarannya.

Keuntungan BBM Untuk Jualan Online

Update Status sebagai promosi

Tidak seperti platform pesan instan yang lainnya, bbm jauh lebih cerewet untuk masalah update status. Bagi seorang penjual online, menggunakan bbm merupakan sebuah keharusan jika ingin mendapatkan pembeli-pembeli baru yang berdatangan. Cukup dengan mengupdate status secara berkala, seluruh kontak anda akan mendapatkan pemberitahuan yang berisi kicauan status anda.

Grup BBM untuk pembeli berpotensi

Layaknya Facebook , bbm juga memiliki grup untuk berdiskusi secara terbatas dengan orang-orang yang Anda undang untuk bergabung di grup yang anda miliki. Dengan memanfaatkan grup bbm, anda sebenarnya sudah punya toko online sendiri dengan basis konsumen yang terbukti telah menjadi konsumen Anda. Updatelah produk-produk terbaru di grup bbm agar konsumen mengetahui informasi produk terbaru Anda secara ekslusif .

Pesan Siaran (broadcast)

Seringkali penjual online menggunakan cara broadcast untuk mempromosikan produknya secara “kasar”, pesan siaran seperti “ Andromax U2 800 ribu, minat PM, OLSHOP Terpercaya “ seringkali menghiasi kotak pesan bbm kita dan sebenarnya pesan siaran seperti itu lebih banyak mengganggunya daripada manfaatnya. Orang-orang belum tentu berminat untuk membeli produk yang anda siarkan, alih-alih berpromosi malah kontak anda dihapus oleh mereka.

Ada indikator perpesanan

Indikator perpesanan disini maksudnya adalah bbm memiliki semacam pemberitahuan manakala pesan instan yang kita kirimkan itu sudah dibaca atau belum. Ada simbol untuk mengetahui pesan kita telah sampai, telah dibaca, tertunda, tidak terkirim. Kelebihan inilah yang menjadikan platform bbm menjadi primadona penjual online karena dengan melihat status perpesanannya kita sudah bisa menebak apakah pembeli ini serius atau hanya bertanya-tanya saja. Jika kita sudah mengirimkan detail sebanyak-banyaknya namun hanya dibaca saja oleh calon konsumen tanpa ada balasan, berarti calon konsumen tersebut tidak tertarik dengan produk Anda.


Kerugian BBM Untuk Jualan Online

Pesan siaran mengganggu

Pastinya anda geram jika mendapati kontak yang sering melakukan pesan siaran apalagi jika isinya Cuma “invite pin 7545678 ya olshop terpercaya” pasti sangat mengganggu anda. Tapi bagaimana lagi, jika anda sendiri yang mengundang mereka. Tapi jika mereka yang menginvite Anda, pasti langsung anda hapus dari daftar kontak bbm bukan?

Tidak praktis

Manakala ada calon konsumen tertarik dengan produk Anda , mereka akan mengundang pin bbm Anda untuk mengajak bincang-bincang melalui bbm. Ketika anda sudah konfirmasi, lalu hilanglah peredarannya, butuh waktu berjam atau bahkan berhari-hari hingga calon konsumen itu sendiri yang memulai obrolan. 

Namun, ketika sudah terjadi obrolan dan calon konsumen tidak tertarik dengan produk Anda, tanpa pamitan atau sejenisnya mereka langsung menghapus kontak Anda. Betapa repotnya calon konsumen tersebut memilih cara untuk mengobrol? kalau hanya untuk sekedar obrolan untuk bertanya mengenai produk, lebih baik pilih whatsapp saja yang jauh lebih praktis.

Grup bbm hanya 50 orang Dibandingkan grup facebook yang memiliki anggota tak terhingga, grup bbm hanya menyediakan ruang untuk 50 orang. Betapa sedikitnya jumlah anggota grup yang anda masukkan? apakah dari 50 orang tersebut adalah pembeli potensial yang setiap anda sodorkan produk terbaru langsung tertarik dan membeli produk anda? tidak bukan?

No comments:

Post a Comment