Monday, February 27, 2017

Bukan Jualan Gorengan! Ini Ide Bisnis Keren Dengan Modal di Bawah Rp 500 ribu






Salah satu jalan untuk menambah penghasilan adalah dengan menjalankan bisnis. Hanya saja, meski semua orang beminat memiliki penghasilan tambahan, banyak orang masih bingung bagaimana memulai sebuah bisnis.

Alasannya bisa karena keterbatasan modal dan ide. Nah, bagi kamu yang sedang ingin merintis bisnis namun bingung dengan keterbatasan modal dan ide. Ide bisnis berikut ini mungkin menarik untuk dicoba. Hanya dengan modal senilai Rp 500 ribu kamu sudah bisa mulai menjadi pengusaha. Berikut ini daftar idenya:

Box sayuran organik

Gaya hidup sehat yang mulai digandrungi warga perkotaan memunculkan tren makanan organik. Banyak orang pun memilih menanam sendiri makanannya seperti jamur atau sayur-sayuran.

Tanpa membutuhkan lahan yang luas dan dengan alat dan teknik yang tepat, seseorang bisa memiliki kebunnya sendiri. Tren ini diprediksi akan memiliki ceruk pasar yang besar seiring gaya hidup perkotaan yang berubah.

Jika kamu kreatif, jual media tanam plus bibit dan kemas dalam sebuah box. Bibitnya bisa jamur ataupun sayuran lain yang enak dan bermanfaat untuk dikonsumsi. Ide dasarnya, orang bisa berkebun jamur atau sayuran dan memanenya untuk konsumsi sendiri.

Modalnya pun murah. Kamu bisa membeli bibit dan sekam sebagai media tanamnya. Nah, mumpung pasarnya masih belum banyak dirambah pelaku usaha. Ada baiknya kamu mulai merintis bisnis ini.

Kerajinan barang bekas

Ada banyak bahan gratis yang bisa kamu manfaatkan sebagai modal usaha. Mulai dari botol plastik bekas, koran bekas, sedotan bekas hingga kain bekas bisa kamu peroleh di sekitar kamu tanpa modal sedikitpun.

Cukup membeli peralatan sederhana seperti gunting, lem, kertas dan berlangganan internet untuk mengakses video tutorial, kamu bisa memulai bisnis kerajinanmu. Gunakan kreativitas dan keahlianmu. Dan, jangan sepelekan prospek bisnis kerajinan ramah lingkungan seperti ini karena permintaannya semakin besar.

Bisnis makanan

Permintaan makanan seperti cupcake dan kue-kue kecil tidak pernah ada matinya. Saat ini, untuk menjual makanan kamu tidak perlu sampai memiliki toko sendiri. Gunakan media sosial atau pajang daganganmu pada sejumlah marketplace untuk mendapatkan pelanggan.

Selain itu, modalnya tidak terlalu besar karena dapat memanfaatkan peralatan yang sudah tersedia di rumah. Tantangannya tinggal bagaimana kamu bisa membuat produk berkualitas.

Tidak perlu kursus yang membutuhkan biaya besar. Lagi-lagi cukup gunakan internet untuk mempelajari cara membuat makanan. Padukan dengan buku-buku atau majalah yang memberi informasi cara memasak.

Dropshipper

Inti kesuksesan bisnis ini adalah kemampuan kamu memasarkan dan menjual barang. Dengan menjadi dropshipper, kamu tidak perlu memiliki barang yang hendak dijual. Selain modalnya mini, dengan menjadi dropshipper kamu tidak perlu repot mengemas dan memaketkan barang yang akan dijual.

Semuanya dilakukan oleh produsen langsung atau pihak pertama. Pilih barang yang berkualitas dan banyak dibutuhkan orang seperti pakaian, sepatu, aksesoris atau tas sebagai produk jualanmu.

Selanjutnya, gunakan kekuatan internet untuk memasarkan secara online. Optimalkan modal non materi yang kamu punya seperti pertemanan yang luas untuk meningkatkan penjualan.

Layanan pembersih kamar

Kalau kamu punya banyak kenalan merek yang menganggur dan membutuhkan pekerjaan halal, ide satu ini bisa kamu pakai. Target pasarnya pun banyak mulai dari rumah tangga hingga penghuni kontrakan atau kost yang tidak sempat membersihkan kamarnya.

Cukup modal telepon dan alat kebersihan seperti sapu, alat pel, lap dan sabun, kamu bisa merintis bisnis jasa pembersih kamar ini. Agar jasa yang kamu tawarkan dikenal luas, tawarkan dulu pada teman atau kenalan dekatmu. Minta mereka untuk membuat testimoni di media sosial.