Sunday, January 29, 2017

Membuat Ruangan Kedap Suara Tanpa Renovasi



Banyak orang mengira membuat ruangan kedap suara akan sangat mahal biayanya. Memang benar begitu, tapi itu jika Anda ruangan kedap suaranya seperti ruangan studio rekaman dimana dinding ruangan dipasangi bahan khusus untuk meredam suara.

Ada cara lain yang lebih mudah dan yang jelas tidak memakan biaya banyak. Terlebih lagi Anda bisa menggunakan barang sehari-hari. Berikut cara membuat ruangan kedap suara tanpa harus renovasi:

1. Menggunakan karpet sebagai alas kaki

Ketika Anda ingin meredam suara, karpet adalah teman terbaik untuk Anda. Ketebalan karpet bisa meredam suara yang ditimbulkan oleh langkah kaki atau suara yang ada di dalam ruangan agar tidak merambat ke ruangan lain terutama jika lantai rumah terbuat dari kayu.

2. Memasang tirai yang tebal

Anda terganggu dengan suara berisik dari jalanan di luar? Anda bisa memasang tirai tebal untuk meredam suara-suara berisik di luar ataupun dari dalam kamar. Tirai tebal ini biasanya terdiri dari dua lapisan, oleh karena itu Anda jangan kaget jika harga tirainya jauh lebih mahal daripada tirai biasa.

3. Memanfaatkan lukisan sebagai bagian dekorasi ruangan

Tentu Anda tidak mengira bahwa lukisan kanvas bisa dijadikan salah satu alat meredam suara. Belilah lukisan kanvas atau Anda bisa melukis sendiri di kanvas lalu lekatkan bagian belakang kanvas dengan ubin akustik. Setelah itu baru gantung di dinding. Lukisan kanvas akan berfungsi meredam suara di ruangan.

4. Menambahkan tanaman dalam ruangan

Tanaman tidak disangka ternyata bisa meredam suara. Daun-daun dan batang tanaman bisa meredam atau mengurangi tingkat gelombang suara di sekitar tanaman tersebut. Tanaman besar meredam suara lebih baik daripada tanaman kecil.

5. Sematkan rak buku pada pembatas atau dinding ruangan

Buat Anda yang gemar membaca buku tentu ini menjadi kabar yang menyenangkan karena buku-buku yang Anda koleksi ternyata bisa meredam suara. Objek besar dan padat seperti rak yang penuh berisi buku memang terbukti bisa meredam suara. Semakin banyak buku yang ditaruh di rak akan semakin baik.

6. Tinggi plafon juga berpengaruh terhadap daya tampung dan pantulan suara

Atap tinggi ternyata menjadi salah satu penyebab ruangan menjadi berisik. Oleh karena itu Anda bisa mengubah atap ruangan menjadi lebih rendah dengan cara memasang beberapa kayu secara horizontal atau menyilang dibawah atap ruangan yang sebenarnya. Cara ini memang sedikit merepotkan namun cara ini ampuh mengurangi gema suara di dalam ruangan.

7. Kurangi aksesori atau dekorasi yang terbuat dari material gelas atau keramik

Gelas dan keramik adalah material yang bisa memantulkan suara sehingga suara yang ada di dalam kamar akan terdengar semakin keras. Simpan peralatan-peralatan Anda yang terbuat dari gelas dan keramik dengan begitu ruangan akan lebih tenang dan sunyi.

8. Menambahkan lapisan pada dinding.

Apa Anda pernah melihat kantung telur yang terbuat dari karton? Karton telur ini ternyata bisa menyerap suara-suara di sekitar. Baluri karton-karton telor dengan warna-warna yang cantik lalu pasang di dinding ruangan sebagai salah satu cara membuat ruangan kedap suara tanpa harus renovasi.


@kfsoeradimadja




source

No comments:

Post a Comment