Friday, August 26, 2016

Kiat Mendirikan Tempat Kuliner yang Pasti Diserbu Pembeli





Kuliner adalah kegiatan disukai hampir semua orang.

Kuliner adalah kegiatan disukai hampir semua orang, karena kuliner ini identik dengan makanan dan minuman yang memang dibutuhkan oleh kita setiap harinya. Untuk menemukan tempat kuliner favorit saat ini sepertinya tidak sulit, karena hampir di setiap kota, di sepanjang jalan kita bisa menemui tempat kuliner yang beragam.

Negara kita, Indonesia ini memang cukup terkenal dengan banyaknya jajanan yang beraneka ragam dari setiap kota. Jajanan ini juga mudah ditemukan, seperti di seputaran mal dan lokasi kampus.

Namun, beberapa penggiat usaha kuliner ini juga sering terbentur masalah izin berjualan dan sebagainya. Ada baiknya sebagai penjual usaha di bidang kuliner, jika kita memang ingin berjualan di suatu kawasan tertentu, harus memperhatikan dulu beberapa hal sebagai berikut:

1. Tentukan target konsumen Anda

Usaha makanan, atau bidang kuliner memang sepertinya akan disukai siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun, sebaiknya tetap tentukan siapa target market Anda secara lebih spesifik.

Misal usaha kuliner Anda ini cukup unik dan disukai usia tertentu saja, seperti makanan di kafe-kafe. Sesuaikan target market Anda dengan jenis makanan, lokasi tempat dan pertimbangan lainnya.

2. Perhatikan masalah keamanan dan kenyamanan tempat

Tempat kuliner atau jajanan, sebaiknya berada di lingkungan yang cukup bersih, karena ini berkaitan dengan makanan. Pastikan tempatnya selalu bersih dengan rajin membersihkannya, selain itu pastikan juga tempatnya selalu aman.

Selain itu, tempat untuk berjualan kuliner ini haruslah strategis, seperti tempat usaha kuliner yang diserbu pembeli. Contohnya, kantin, terminal dan stasiun.

3. Lakukan promosi yang menarik perhatian pelanggan

Setelah mengetahui tempat mana saja yang strategis untuk berjualan kuliner, saatnya membuat dan menentukan promosi yang menarik, yang bisa membuat pelanggan tidak pernah punya alasan untuk tidak makan atau jajan ke kios milik Anda.

Lakukan promosi yang menarik seperti beli satu gratis satu, diskon setiap akhir pekan, dan makan gratis untuk yang berulang tahun.

Terus lakukan promosi

Usaha kuliner yang cukup mudah untuk menemukan pelanggannya, rupanya harus tetap memperhatikan sistem promosi yang diterapkan. Lakukan promosi yang berkala paling tidak setiap bulannya.

Tampilkan menu-menu jajanan, atau makanan baru yang memiliki kualitas rasa yang enak, serta jagalah kebersihan dari setiap makanan yang disajikan. Berikan pelayanan yang sangat ramah untuk membuat pelanggan Anda setia.

@kfsoe