Monday, February 8, 2016

5 Hal Penting yang Dapat Memperlancar Bisnis Online Shop







Perkembangan teknologi sangat berkembang pesat. Masyarakat bisa mengakses internet kapan saja dan dimana saja. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap potensial bisnis online shop yang semakin berkembang di Indonesia.

Untuk membuka bisnis toko online saat ini cukup mudah, bahkan hanya memanfaatkan sosial media seperti facebook, twitter, hingga instagram kita sudah bisa berjualan secara online. Buat Anda yang tertarik membuka bisnis toko online atau merambah usaha ke online. Berikut beberapa hal penting yang harus Anda lakukan :

1.Punya Website
Menentukan produk yang akan dijual, yang pertama harus Anda miliki adalah sebuah website. Karena website sebagai rumah informasi, identitas, branding dari toko online Anda nantinya. Walau banyak toko online saat ini yang hanya memanfaatkan sosial media dan forum jual beli tanpa mempunyai website sendiri. Alangkah baiknya kedepan Anda harus memiliki website sendiri mengingat banyak orang yang mencari sesuatu melalui mesin pencari seperti google.

Saat ini sudah banyak jasa pembuatan website dengan harga yang bervariatif bahkan ada yang menghususkan mendevelop website untuk toko online yang sudah siap pakai dengan berbagai macam paket pilihan.

2.Aktif di Social Media
Social media digunakan untukinformasi, promosi dan percakapan dengan user atau pelanggan dari toko online Anda. Dalam membuat content social media sebaiknya Anda tidak melulu menjejali promo kepada follower sekali-kali kamu bisa memberikan tips, sapaan, hingga membahas isue yang sedang hangat.

3.Forum atau Group
Untuk menjaring calon pelanggan atau pembeli potensial lebih banyak. Coba rajin masuk ke forum-forum atau group komunitas, misal jika Anda menjual produk kecantikan Anda bisa masuk ke forum-forum wanita yang membahas seputar kecantikan. Nah, dari situ Anda bisa mendapatkan banyak informasi apa saja yang dibutuhkan,disukai,trend dan lainnya. Bahkan didalam group atau forum Anda bisa melakukan promosi terselubung yang lebih soft dari kacamata konsumen.

4.Memilih Jasa Ekspedisi
Jasa ekspedisi pengiriman merupakan urat nadi dari toko online Anda. Karena barang tak akan sampai ke customer jika jasa ekspedisi yang Anda gunakan sering bermasalah atau kurang terpercaya. Dampaknya pada reputasi toko online Anda akan berpengaruh dimata para costumer meskipun sebenarnya hal itu bukan kesalahan Anda sepenuhnya. 

5.Menggunakan Internet Bangking
Namanya juga jualan secara online maka internet banking sangat diperlukan untuk memudahkan segala macam transaksi . Internet banking dapat kita miliki dari berbagai bank pendukung. Layanan internetterpercaya dan banyak digunakan orang dalam bertansaksi online. Karena selain mudah dan praktis, internet banking juga banyak digunakan berbagai macam toko online atau e-commerce yang sudah ternama.

No comments:

Post a Comment