Monday, February 8, 2016

4 Karakteristik Pelanggan Online






Sering kita dengar kata-kata “Pembeli adalah Raja” hal itu memang benar. Kita selaku pengusaha harus mengetahui karakteristik pembeli ataupun pelanggan kita, dan pasti karakteristik mereka tentunya tidak sama. Ini demi memajukan dan agar bisnis terus dicari oleh pelanggan. Namun bagaimana dengan toko online sendiri? 

Cara dan teknik bisnis yang berbeda membuat kita harus pintar-pintar membaca tipe dan karakter pelanggan, berikut ini adalah contoh 4 tipe pelanggan online yang perlu Anda ketahui:

1. Tipe research

Seperti namanya, tipe yang pertama ini adalah mereka yang mencari dan banyak mencari produk di toko online, tapi sebenarnya mereka belum tahu pasti apa yang sedang mereka cari dan butuhkan. Sebagai pemilik toko online, Anda harus memberikan info dan detail dari produk, bahkan manfaat produk yang Anda jual. Anda juga harus bisa menjawab, bahkan memberikan solusi apa yang sebaiknya mereka beli ketika mereka menghubungi Anda. Anda harus mampu memberikan apa yang mereka butuhkan dan tentu saja cocok untuk tipe jenis ini. Di website toko online, Anda juga bisa menambahkan konten yang berhubungan dengan produk yang dijual, untuk menambah pengetahuan calon konsumen. Buatlah tampilan website yang mudah untuk dimengerti dan dipahami oleh pelanggan Anda.

2. Tipe seeker

Setiap pelanggan toko online memiliki keinginan, kebutuhan dan tujuan masing – masing mengapa mereka memilih berbelanja online. Dan untuk tipe yang kedua ini, kita bisa mendeskripsikannya sebagai seorang pelanggan yang berbelanja untuk memenuhi kebutuhannya. Biasanya si Seeker ini akan membuka beberapa situs toko online sekaligus. Ini ia lakukan untuk sekedar melihat perbandingan dari harga dan spesifikasi masing – masing produk yang dibutuhkan. Tidak jarang, harga murah tetap menjadi pilihan utama mereka. Ada banyak cara agar bisnis online Anda menjadi salah satu pilihan dari si Seeker ini. Salah satunya yaitu terus mengupayakan agar website toko online Anda tetap dan terus berada pada page one pada setiap mesin pencarian. Dengan begitu, ketika calon pelanggan mencari – cari website yang mereka butuhkan, website Anda menjadi salah satu diantaranya.

3. Tipe window shoper

Untuk tipe yang ketiga ini biasanya adalah mereka yang tidak terlalu serius dalam berbelanja online, dalam artian mereka tidak terlalu membutuhkan apa yang sedang mereka cari dan beli. Saat mereka membuka website toko online, biasanya mereka hanya iseng, menghabiskan waktu luang atau hanya mencari inspirasi saja. Siapa yang peduli mereka berbelanja karena butuh atau tidak, begitulah beberapa pemikiran pemilik bisnis online. Maka dari itu ketika toko online Anda ingin menjadi tujuan dan sumber inspirasi dari si window shoper ini, maka buatlah tampilan website yang menarik. Ya, meskipun mereka belum melakukan pembelian, setidaknya traffic website Anda bisa meningkat dan mudah dicari oleh yang lainnya.

4. Tipe discount lover 

Dan untuk yang tipe terakhir ini adalah si Discount lover. Dari namanya saja kita bisa menebak, pelanggan ini paling senang jika berkunjung dan menemukan website toko online dengan banyak discount yang diberikan. Mereka akan senang dan bersemangat dalam berburu discount, promo dan bonus yang biasa diberikan. Bagi pemilik bisnis online, tidak ada salahnya Anda memberikan discount atau bonus yang mereka harapkan ada. Ini bisa menjadi cara Anda untuk menarik perhatian mereka. Memberikan mereka paket pembelian juga bisa menjadi salah satu promosi yang Anda lakukan.

No comments:

Post a Comment