Wednesday, May 11, 2016

Membangun Hubungan Baik dengan Angel Investor






Salah satu pilihan untuk mendapatkan pendanaan bagi startup yang sedang kamu jalankan adalah dengan mendatangi angel investor. Kelompok pemberi dana individual ini biasanya berasal dari kaum pengusaha, pebisnis ulung, atau konglomerat di dalam negeri.

Kelebihan dari pilihan untuk menjalin hubungan dengan angel investor, selain memperoleh dana, adalah adanya pengalaman menarik dalam membangun bisnis. Namun, bagaimana caranya untuk memulai membangun jaringan dan mendapat dana dari para angel investorini?

Berikut lima tip yang bisa kamu coba untuk membangun hubungan dan melakukan pendekatan dengan mereka:

Buktikan potensi bisnis yang dijalani

Ketika kamu sedang bersiap pitching ke seorang angel investor, pastikan sudah menyiapkan cerita seluk-beluk perjalanan bisnis dan dana yang dibutuhkan. Gunakan cara tersebut agar angel investor yang sedang diajak bicara paham bahwa kamu memiliki potensi dalam bisnis yang dijalankan.

Selain untuk menunjukkan potensi bisnis yang dijalani, cara ini juga akan mulai membangun hubungan pribadi antara kamu dan angel investor tersebut.

Cari tahu keberadaan angel investor melalui keluarga dan rekan terdekat

Cara paling mudah menemukan dan mendapatkan informasi tentang keberadaan angel investor yang kamu butuhkan adalah melalui jaringan yang dimiliki oleh keluarga dan rekan terdekat.

Selain angel investor, terdapat juga perusahaan modal ventura yang dapat menjadi salah satu sumber pendanaan

Koneksi dari hubungan yang dikenal baik dapat meningkatkan potensi kepercayaan paraangel investor untuk menginvestasikan dana. Jaringan ke angel investor tersebut juga bisa memacu hubungan ke angel investor lainnya.

 

Dekati pengusaha ternama yang dihormati

Kamu mungkin akan merasa kaget dengan banyaknya pengusaha yang ingin terlibat dalam membantu mengembangkan startup yang berada di lingkungan sekitarnya. Kebanyakan pengusaha tersebut telah memiliki pengalaman membangun bisnis hingga di posisinya saat ini. Karena itulah, mereka akan lebih menghormati cerita perjalanan bisnis yang kamu miliki.

Dekati tokoh penyedia layanan masyarakat

Orang-orang yang menggeluti dunia layanan masyarakat dan memiliki peran penting, seperti pengacara, akuntan, dan mereka yang bekerja di perbankan, dapat menjadi sumber informasi potensi angel investor yang kamu butuhkan. Tokoh-tokoh tersebut juga dapat berbagi jaringan dari klien yang mereka tangani dan bisa menjadi peluang untuk bisnis kamu.

Bergabung dengan komunitas startup lokal


Banyak komunitas dan kelompok startup yang terbentuk di tiap daerah. Jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas ini, karena kebanyakan pemilik modal yang berminat untuk membantu startup mencari bibit atau potensi bisnis dari komunitas ini.

Luangkan sedikit waktu untuk menggali informasi tentang jaringan pebisnis yang dapat menjadi angel investor dalam bisnis kamu. Meski kemungkinan pendanaan yang diburu masih dalam perjalanan panjang, setidaknya kamu sudah memiliki jaringan potensi angel investor di daerah terdekat.

source