Monday, December 17, 2012

TANGGUNGJAWAB PERBUATAN

Setiap Orang Bertanggung Jawab atas Perbuatannya

                 17_13


Dan setiap manusia telah Kami kalungkan (catatan) amal perbuatannya di lehernya. Dan pada hari kiamat Kami keluarkan baginya sebuah kitab dalam keadaan terbuka. (QS Al-Isra 17:13)

Orang-orang yang beriman sempurna saksama menaati perintah ini dan menegakkan keadilan, bahkan jika akibat-akibatnya dapat menyusahkan mereka atau orang-orang yang dicintai. 
Mereka tidak pernah melupakan bahwa mereka harus bertanggung jawab atas perbuatan-perbuatan mereka pada hari Kemudian dan bahwa mereka akan dihadapkan pada hari itu dengan setiap perbuatan baik atau buruk yang telah dilakukan.  
Karena alasan ini, tidak satu pun sasaran yang mungkin mereka raih di dunia ini tampak lebih baik daripada ridha Allah yang mereka harap tercapai pada hari Kemudian.
Salah satu sifat terpenting mukmin yang taat adalah bahwa mereka telah memilih cara “orang-orang terdepan”.  Karena alasan ini, mereka selalu menunjukkan sikap terpuji demi tercapainya harapan mereka meraih ridha Allah.  
Mereka bertindak dengan kesadaran bahwa “untuk setiap terbitnya matahari, ada pahala sedekah bagi orang yang menegakkan keadilan di antara manusia” (HR Bukhari). 
Oleh karena itu, ikatan keluarga maupun keuntungan duniawi pribadi tidak mencegah mereka dari menjalankan keadilan.  Dalam Qur’an, Allah memerintahkan yang berikut.
“Sesungguhnya, Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya, Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya, Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.”  (QS An-Nisa’, 4: 58)
Dalam ayat lain, Allah memerintahkan mukmin berlaku adil sekalipun terhadap orang-orang yang dibenci.
“Hai, orang-orang yang beriman!  Hendaklah kamu menjadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum mendorongmu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah karena adil itu lebih dekat dengan takwa.  Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya, Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al-Ma’idah, 5: 8). 

Wallohualambisshawab

“untuk setiap terbitnya matahari, ada pahala sedekah bagi orang yang menegakkan keadilan di antara manusia” (HR Bukhari).

No comments:

Post a Comment